會員登錄
帳   號
密   碼
驗證碼
註冊
行事曆
Sun Mon Ten Wed Thu Fri Sat
領導獻詞
首頁期刊文獻
99期
Musim Semi,Musim Panas
作者:郭秀容

Tidak terasa, tahun 2005 sudah lewat 4 bulan . Beberapa bulan lagi sudah akan menjadi setengah tahun. Anehnya di bulan April ini, kita masih bisa merasakan dinginnya udara di kota Taipei. Rasanya sudah lama sekali kita mengumpat di dalam selimut dan mantel-mantel tebal. Tapi sepertinya dingin masih belum mau meninggalkan Taipei.

Di saat cuaca dingin tidak juga berlalu dari kita, kita terus bermimpi dan berharap, kapan ya musim panas akan datang? Kapan ya saya tidur tidak lagi perlu memakai selimut tebal? Kapan ya saya tidak menggigil lagi kalau hanya pakai baju selapis saja? Kapan ya saya bisa ke pantai main ombak dan pasir?

Tapi ketika akhirnya musim panas datang di hadapan kita, kita pun terus-menerus mengeluh kepanasan, kegerahan, kulit menjadi hitam karena keseringan terjemur teriknya sinar matahari. Kita berharap musim panas segera berakhir digantikan dengan musim gugur yang menyejukkan kita.

Yah…, itulah yang namanya manusia, seringkali merasa tidak puas, sering kali mengeluh keadaan dirinya atau keadaan sekitarnya, seringkali menyalahkan keadaan.

Kita lebih cenderung berpikir ke arah yang negatif. Sepertinya sesuatu yang tidak kita suka atau kehendaki dapat melekat dengan kuat dalam ingatan kita. Kita terus berpikir kenapa ini terjadi, kenapa itu terjadi, kenapa tidak begini atau begitu. Sepertinya ada saja yang tidak sempurna yang terjadi. Jarang kita memikirkan hal-hal yang baik yang terjadi pada diri kita. Itulah sebabnya kenapa kita tidak bisa menikmati dan mensyukuri akan karunia Tuhan.

Saya pernah menerima e-mail dari seorang teman yang isinya menurut saya bagus sekali buat pelajaran dan dibagi-bagi mengenai bagaimana kita mensyukuri hari-hari kita, bagaimana kita bisa merasa bahagia dan berpikiran positif akan keadaan kita sekalipun kita sedang bersedih atau banyak masalah.
Dalam e-mailnya dia menyarankan, cobalah setiap malam sebelum Anda tidur, luangkan sedikit waktu untuk kembali merenungkan 5 saja hal-hal baik dan yang membahagiakan Anda yang terjadi sepanjang hari ini. 5 saja, tidak banyak bukan?

Untuk memulai merenungkannya, Anda tidak perlu memikirkan kejadian-kejadian yang terlalu hebat seperti dapat memenangkan undian lotere NT100.000 atau naik jabatan dan gaji di kantor tempat Anda bekerja. Kalau Anda berpikir dan mencari-cari kejadian-kejadian yang terlalu “wah” tentunya Anda akan sulit menemukan arti bahagia dan syukur pada hari itu. Belum tentu Anda menemukan satu hal yang membuat Anda bahagia pada hari itu.  

Cobalah Anda merenungkan hal-hal yang lebih sederhana dan realistis yang terjadi dalam hidup Anda hari itu yang dapat membuat Anda tersenyum bahagia.

Misalnya hari ini saya merasa senang karena anak-anak dan suami saya dapat berkumpul makan bersama masakan saya, sambil berbincang-bincang dan bersenda gurau. Atau hari ini akhirnya ada matahari, setelah selama beberapa hari ini terus menerus turun hujan, jadi saya bisa menjemur pakaian. Hari ini saya pergi ke kantor tidak perlu berlama-lama menunggu bis karena di jalan ketemu dengan teman sekantor yang membawa kendaraan, dan masih banyak hal-hal sederhana bahagia lainnya yang bisa dijadikan alasan untuk disyukuri.
Dengan merenungkan 5 hal-hal sederhana yang membahagiakan Anda, Anda akan merasa bersyukur akan hari ini. Anda akan melupakan hal-hal yang membawa kekecewaan dan ketidakbahagian terhadap diri Anda pada hari ini.

Terutama di saat sedang sedih, jangan terus terpaku pada hal-hal sedih itu kenapa harus terjadi pada Anda. Dengan terus terpaku pada hal-hal sedih, Anda tidak akan menemukan kebahagiaan, tidak akan lepas dari kesedihan itu.

Tapi sebaliknya kalau Anda merenungkan hal-hal bahagia yang terjadi pada hari ini, Anda akan bangkit dari kesedihan Anda. Anda akan melupakan kesedihan hari ini, dan tentunya Anda akan tidur sambil tersenyum, bukan tidur dengan dahi yang mengkerut.

Mencoba tidak ada ruginya bukannya, ditambah lagi, mencoba untuk mensyukuri hari ini tidak bayar, gratis, mudah lagi. Tidak ada resiko kerugian apapun untuk mencobanya.

Mulailah malam ini mencoba untuk merenungkan dan mensyukuri akan karunia hari ini, jauhkan dari pikiran akan hal-hal negatif. Anda akan merasakan hari ini berbeda dengan kemarin. Wish you have a nice day.

FB粉絲頁
討論區
房屋租賃
考試秘笈
二手專區
商品代銷代購
訂閱電子報

網站名稱:Ezfree華人自在交流聯合網 
網址:http://www.ezsino.org/

Copyright © 自在交流股份有限公司 EzFree Interchange Co.,Ltd All Rights Reserved.

新北市深坑區北深路3段236巷6號1樓 E-mail:freeinterchange@gmail.com;ezchange@hotmail.com

Tel:886-2-2664-8311, Fax:886-2-26648299 


Skype Me??